Berita aktual 24 Agustus 2017

 

Berita lelayu

Ibu Julia Sumarni di PML dikenal sebagai Ibu Nanik secara mendadak dipanggil Tuhan tgl 20 Agustus 2017. Ibu Nanik bekerja sebagai bendahara selama 45 tahun di PML maupun di Toko Puskat, artinya termasuk staf perdana Pusat Musik Liturgi. Maka kehilangan Ibu Nanik merupakan suatu kejutan. Semoga gaya hidup terutama pelayanan dan perhatian dapat mendapat balasan di surga.

 

 

 

 

 

Penataran dirigen dan organis di Pekanbaru

 

Team PML diundang untuk melatih para dirigen dan organis dari paroki St. Paulus di Pekanbaru tgl 28-31 Juli 2017. Sekitar 80 peserta dari 27 lingkungan dan stasi belajar tentang liturgi dan musik liturgi, teknik vokal dan direksi, iringan organ dll. Yang paling sulit diperbaiki, menurut Pak Paul, ialah suara keras. Namun nampaknya ada kemajuan pula. Semoga demikan pula nanti.

  

Asian Youth Day (AYD)

Keuskupan Semarang dan khususnya kota Yogyakarta mendapat kehormatan menjadi tuan rumah untuk AYD ke-7 tgl 2-6 Agustus 2017. 2000 muda-mudi dari Thailand, Myanmar, India, Malaysia, Singapur, Taiwan, Korea, Jepang, Hongkong serta tentu saja dari Indonesia berkumpul untuk bertukar pengalaman, belajar, diskusi, berdoa. Di antara puluhan pilihan PML termasuk salah satu tempat yang dikunjungi khusus untuk belajar tentang inkulturasi musik liturgi. Pada hari Jumat tgl 4 Agustus sekitar 50 muda-mudi bersama staf pengantar (termasuk keamanan) membunyikan alat-alat musik tradisional, bertanya, memperkenalkan lagu liturgi yang khas dari tempat asal mereka.- Selain itu PML main peranan dalam mengiringi lagu-lagu misa penutupan yang tentu saja bernada inkulturatif.

 

Terbitan baru

Setelah disiapkan selama 12 bulan, akhirnya terbit pula buku "Duta Kasih" sebagai koleksi dari 5 lokakarya komposisi lagu liturgi yang diadakan di Mataloko Flores antara tahun 1990 2003. 194 lagu bergaya Ngada, Riung, Nage-Keo dan Toto merupakan suatu kekayaan yang tersimpan terlalu lama, hanya sebagian kecil dari lagu ini masuk dalam buku Madah Bakti. Buku kor dengan judul yang sama sedang disiapkan pula.

 

 

 

 

 

Kursus Musik di PML

Dalam pertemuan orang tua siswa ORVO/CB dan guru organ tgl 27 Agustus dibahas pentingnya kerjasama antara orang tua dan guru agar terciptalah suasana "harmonis". Siswa ORVO tahun ini cukup banyak: 123 anak SD. Dalam pertemuan tsb. para guru diperkenalkan pada orang tua serta anak didik.

Pembukaan KMG dan CB tgl 28 Agustus 2017 dengan ibadat, pengarahan oleh pimpinan Kursus Rm. Prier, perkenalan dan pengumuman. Yang sementara terdaftar dalam KMG tahun 2017-2018: tingkat I 36 siswa; tingkat II 11 siswa; tingkat III 7 siswa.